Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia

Rangkuman tema 1 kelas 5 organ gerak hewan dan manusia

1. PPKN (Materi PPPN Kelas 5 Tema 1)
PPKn kelas 5 tema 1 subtema 1 ini membahas tentang sikap yang mencerminkan sila ketiga dan keempat Pancasila di sekolah.

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Istilah Pancasila diambil dari Kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca

Pada tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945 BPUPKI menggelar sidang I. Dalam sidang tersebut salah satunya membahas rumusan dasar negera. Ada 3 tokoh yang mengusulkan dasar negara yakni; Mohammad Yamin, Soepomo dan Ir Soekarno.

Usulan Mohammad Yamin pada tanggal 29 Mei 1945, yaitu: peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat. 

Usulan Soepomo pada tanggal 31 Mei 1945, yaitu; persatuan, kekeluargaan, keseimbangan lahir batin, musyawarah, keadilan rakyat.

Sedangkan usulan Ir Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 yaitu; kebangsaan Indonesia atau nasionalisme, perikemanusiaan atau internasionalisme, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial, dan Ketuhanan yang maha esa.

Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari Lahir Pancasila.

Berikut ini beberapa contoh sikap yang mencerminkan pengamalan sila ketiga pancasila di lingkungan sekolah, di antaranya:

1. Mengikuti upacara bendera dengan khidmat.
2. Bekerja sama melaksanakan piket kelas.
3. Melerai teman yang sedang bertengkar di sekolah
4. Menjaga nama baik sekolah.
5. Hidup rukun dengan teman di sekolah.
6. Tidak ikut tawuran pelajar.
7. Tidak mengejek teman yang berbeda suku atau agama.

Sedangkan contoh pengamalan sila keempat Pancasila di sekolah, antara lain;

1. Memilih ketua kelas atau pengurus kelas dengan cara musyawarah.
2. Menghargai usulan dan pendapat siswa lain.
3. Tidak memaksakan kehendak kepada siswa lain.
4. Mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah bersama.
5. Tidak memotong pembicaraan siswa lain saat sedang berpendapat.

2. BAHASA INDONESIA (Materi BAHASA INDONESIA Kelas 5 Tema 1)
Ide pokok merupakan ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan suatu paragraf. 
Letak ide pokok ada di dalam kalimat utama. Jenis jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya ada 2 yaitu paragraf deduktif dan paragraf induktif.

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Sedangkan paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf. 

Dalam 1 paragraf terdiri dari 1 ide pokok dan beberapa kalimat penjelas atau pengembang. Kalimat pengembang merupkan kalimat yang menjelaskan kalimat utama di sebuah paragraf.

Fungsi Ide pokok berguna untuk menjelaskan inti dari suatu paragraf. Dengan kita mengidentifikasi ide pokok maka kita dapat mengetahui isi dari paragraf tersebut.

Cara untuk menentukan ide pokok antara lain;
1. Bacalah seluruh isi paragraf dengan seksama
2. Cermati kalimat pertama sampai kalimat terakhir di setiap paragraf.
3. Bandingkan kalimat pada awal dan akhir paragraf biasanya ide pokok ada di awal paragaraf atau di akhir paragraf.
4. Tandai ide pokok di tiap paragraf
5. Tandai pula info penting di tiap paragraf.

3. IPA (Materi IPA Kelas 5 Tema 1)
Bergerak merupakan salah satu ciri ciri dari makhluk hidup. Bergerak sering diartikan berpindah tempat baik sebagaian atau seluruh bagian tubuhnya. Hewan bergerak karena mendapatkan rangsangan.

Organ gerak pada manusia dan hewan dibedakan menjadi 2 yaitu organ gerak aktif atau otot, dan organ gerak pasif yaitu tulang atau rangka. Banyak jenis dan cara hewan berpidah tempat tergantung pada organ gerak yang digunakan, seperti:

1. kelinci melompat menggunakan kaki,
2. ikan berenang dengan siripnya,
3. burung terbang dengan sayapnya
4. kucing berjalan dengan kakinya
5. cacing dan ular merayap dengan perutnya, dll.

Berdasarkan punya dan tidaknya tulang belakang hewan dibedakan menjadi 2, yaitu;

a. Vertebrata atau hewan yang memiliki tulang belakang, contohnya hewan mamalia, unggas, reptil, ikan dan juga amphibi ( mamalia adalah hewan menyusui contohnya; kambing, kucing, sapi, kerbau.) unggas contohnya; burung, ayam, mentok, aangsa, itik. Reptil atau hewan melata contohnya kadal, buaya, cicak, tokek, biawak, ular. Ikan sebangsa ikan, seperti ikan mas, nila, gurami, lele. Amphibi sebangsa katak.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini:

Pada dasarnya hewan digolongkan dalam dua jenis, yaitu vertebrata dan invertebrata

1. Vertebrata adalah hewan bertulang belakang.

Berikut ini spesies yang termasuk dalam kelompok vertebrata, antara lain:
  1. Amfibia : Dapat hidup di dua alam, yaitu darat dan air, contohnya: katak dan salamander.
  2. Reptil : Memiliki paru-paru untuk bernapas didarat, berekor, dan menghasilkan telur, contohnya: kura-kura, ular, kadal, buaya.
  3. Aves : Hewan bersayap, bernapas dengan pundi-pundi udara saat terbang, dan bertelur, contohnya: burung unta, penguin, flamingo, dan burung beo, merpati, ayam, bebek.
  4. Mamalia : hewan yang berkembang biak dengan melahirkan dan menyusui, kucing, beruang, sapi, kambing, monyet, dan kelinci.
  5. Ikan : hewan yang hidup di air, bersisik, dan bernafas dengan insang, contohnya: ikan tuna, salmon, hiu, dan, nila, lele.

2. Avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang, contohnya serangga (kupu kupu, capung, jangkrik, belalang), molusca atau hewan lunak contohnya siput, bintang laut, cumi cumi ubur ubur), dan bangsa cacing.

Ciri ciri hewan Avertebrata antara lain;
a. tidak mempunyai tulang belakang.
b. mempunyai rangka luar.
c. susunan saraf berada pada perut.
d. otaknya tidak dilindungi oleh suatu rangka.

Untuk lebih lengkapnya bisa disimak penjelasan di bawah ini:

Avertebrata adalah hewan tidak bertulang belakang, Golongan hewan avertebrata menempati hampir semua habitat. Berikut ini spesies yang termasuk dalam kelompok avertebrata.
  1. Porifera (Hewan Berpori): hewannya dengan tubuh berpori dengan berbagai bentuk, multi-seluler, warnanya bervariasi, dan tidak berpindah, contohnya: Sycon, Clathrina, Euspongia, dan Spongia.
  2. Coelenterata (Hewan Berongga), hewan yang memiliki sel penyengat yang terletak pada tentakel di sekitar mulutnya, struktur tubuh yang lebih kompleks, dan sel-selyang membentuk jaringan sederhana, contohnya: Hydra,koral, polip, dan ubur-ubur.
  3. Platyhelminthes (Cacing Pipih), hewan yang berbentuk sejenis cacing pipih dengan simetri tubuh simetris bilateral tanpa peredaran darah dengan pusat saraf yang berpasangan,dan hidup sebagai parasit pada tubuh hewan atau manusia, contoh : cacing pita dan cacing isap, cacing getar ( planaria).
  4. Nemathelminthes (Cacing Gilig) : hewan yangg memiliki tubuh simetris bilateral dengan saluran pencernaan yang baik namun tidak ada sistem cacing tambang, contohnya: Cacing perut, cacing kremi, dan cacing peredaran darah.
  5. Annelida (Cacing Gelang) Memiliki tubuh yang terdiri atas segmen-segmen dengan sistem peredaran darah tertutup dan berkelamin dua (hermafrodit), contohnya: Cacing tanah, cacing wawo, cacing palolo, lintah, dan pacet.
  6. Mollusca (Hewan bertubuh lunak): Memiliki tubuh yang lunak dan pelindung tubuh yang berbentuk cangkang untuk perlindungan diri dari predator dan gangguan la1nnya. Hidup di air laut, air tawar dan di darat, contohnya: Kerang gurita cumi-cumi, sotong, siput darat, siput laut, dan chiton
  7. Echinodermata (Hewan berkulit duri): Tubuh ditutupi duri yang tersusun atas zat kapur dan hidup di laut, contohnya: Bintang laut, Landak laut, Bintang ular, dan teripang.
  8. Arthropoda (Hewan Berbuku­buku): Memiliki kaki beruas-ruas dengan s1stem saraf dan organ tubuh telah berkembang dengan baik, serta sistem peredaran darah terbuka, contohnya; insecta (Serangga),Crusta­ceae (Udang-udangan), Arachnoidea (Laba-laba), dan Myriapoda (Lipan).


4. IPS (Materi IPS Kelas 5 Tema 1)
Denah merupakan gambar lokasi suatu tempat tanpa melakukan langsung. Biasanya pada denah tidak memakai skala. Sedangkan peta merupakan gambaran dengan skala tertentu yang menunjukkan letak suatu tempat.

Letak Indonesia
Secara astronis negara Indonesia terletak di antara 6 derajat LU sampai 11 derajat LS dan 95 derajat BT sampai 141 derajat BT. Sedangkan letak geografis Indonesia terletak di antara 2 benua ( Asia dan Australia ) dan 2 Samudra (Hindia dan Pasifik).

Kondisi dan batas batas Pulau di Indonesia

1. Pulau Jawa

– Pulau Jawa memiliki luas wilayah sekitar 138.793,6 km persegi atau 53.588,5 mill.
– Puncak tertinggi di Pulau Jawa adalah Gunung Semeru.
– Provinsi di Pulau Jawa ada 6 yaitu: Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.
– Batas batas wilayahnya: Utara (Laut Jawa), Selatan (Samudra Hindia), Barat (Selat Sunda) dan Timur (Selat Bali).

Gunung – gunung di Pulau Jawa antara lain;

1. Provinsi Banten antara lain: Gunung Karang (1.778 mdpl), Gunung Pulosari (1.346 mpdl) , Gunung Aseupan (1.174 mpdl) – ada di Kab. Pandeglang dan Gunung Endut (1.207 mpdl) – ada di Kab. Lebak.

2. Provinsi Jawa Barat antara: lain Gunung Gede (2.750 mpdl) – Cianjur dan Sukabumi, Gunung Pangrango (3.019 mpdl) – perbatasan Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, Gunung Papandayan (2.665 mpdl) – Kab. Garut, Gunung Cikuray (2.821 mpdl) – Kab. garut,  Gunung Ciremai (3.078 mpdl)- Kab Cirebon, Majalengka dan Kuningan, Gunung Patuha (2.434 mpdl) – Kab. Bandung, Gunung Salak (2.221 mpdl) – Kab. Bogor dan Sukabumi, Gunung Guntur (2.249 mpdl) – Garut Jawa Barat.

3. Provinsi Jawa Tengah antara lain: Gunung Lawu (3.265 mpdl) – Kab. Karanganyar dan Ngawi serta Magetan (Jatim), Gunung Merbabu (3.145 mpdl) – Kab. magelang, Gunung Muria (1.602 mpdl) – Jepara, Kudus, Pati, Gunung Sindara (3.150 mpdl) – Temanggung, Gunung Slamet (3.428 mpdl) – Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang, Gunung Sumbing (3.371 mpdl) – Magelang, Wonosobo dan Temanggung, Gunung Merapi (2.930 mpdl) – Klaten, Boyolali, Sleman (DIY).

4. Provinsi Jawa Timur antara lain: Gunung Semeru (3.676 mpdl) – Malang dan Lumajang, Gunung Kelud (1.731 mpdl) – Kediri, Blitar, Malang, Gunung Ijen (2.779 mpdl) – Banyuwangi dan Bondowoso, Gunung Wilis (2.563 mpdl) – Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Trenggalek, Ponorogo, Gunung Bromo (2.329 mpdl) – Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang.


2. Pulau Sumatra

– Pulau Sumatra memiliki luas wilayah sekitar 473.481 km persegi.
– Puncak tertinggi di Sumatra adalah Gunung Kerinci (3.805 mpdl)
–  Propinsi di Sumatra ada 11 yaitu: NAD, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung.

Gunung gunung di Pulau Sumatra antara lain:

Gunung Bandahara (3.030 mpdl) – Aceh; Gunung Leuser (3.404 mpdl) – Aceh, Gunung Sibayak (2.212 mpdl)- Sumatra Utara; Gunung Sinabung (2.475 mpdl) – Sumatra Utara; Gunung Kerinci (3.805 mpdl) – Sumatra Barat; Gunung Marapi (2.891 mpdl); Gunung Daik (1.165 mpdl) – Riau; Gunung Jantan (700 m) – Kep. Riau; Gunung Krakatau (813 mpdl) – Lampung.

Batas wilayah pulau Sumatra : 

Sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala, Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Malaka, Sebalah Barat Samudra Hindia dan Sebelah Selatan Selat Sunda.

3. Pulau Kalimantan

– Luas wilayah Pulau Kalimantan adalah 743.330 km persegi.
– Puncak tertinggi di Kalimantan adalah Gunung Kinabalu (negara Malaysia)
– Jumlah Provinsi di Kalimantan ada 5 antara lain: Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Batas batas pulau Kalimantan adalah : 

Sebelah Utara berbatasan darat dengan Malaysia dan Brunei Darussalam, Sebalah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa, Sebelah Barat berbatasan dengan selat Karimata dan sebelah Timur berbatasan dengan Selat Makasar.

Gunung Gunung di Kalimantan antara lain : 

Gunung Bukit Raya (2.278 mpdl) – Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah; Gunung Liangpran (2.240 mpdl); Gunung Menyapa (2.000 mpdl) – Gunung Halau Halau (1.892 mpdl), Gunung Latuk (1.850 mpdl); Gunung Mesangat (1.847 mpdl); Gunung Tikung (1.804 mpdl).

4. Pulau Sulawesi 

– Luas wilayah Pulau Sulawesi adalah 174.600 km persegi.
– Puncak tertinggi di Sulawesi adalah Rantemario
– Jumlah Provinsi di Sulawesi ada 6 antara lain; Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Gorontalo.

Batas batas pulau Sulawesi adalah :

Sebalah barat berbatasan dengan Selat Makassar, Sebalah Timur berbatasan dengan Pulau Halmahera dan laut Arafuru, Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Bali.

Gunung Gunung di Sulawesi : 

Gunung di pulau Sulawesi antara lain; Gunung Klabat (2.022 mpdl) Minahasa, Gunung Gambuta (1.954 mpdl) Bolaang Mangondow, Gunung Saoutan (1.827 mpdl) – Bolaang Mangondow, Gunung Rabana (2.500 mpdl) Boalemo, Gunung Boliohutu (2.070 mpdl) Gorontalo, Gunung Sonjol (3.225 mpdl) Donggala, Gunung Tokala (2.639 mpdl) Morowali, Gunung Watumpe (2.499 mpdl) – Kolaka, Gunung Mengkoka (2.790 mpdl) Kolaka, Gunung Kambuno (2.950 mpdl) Luwu Utara Sulsel dan Gunung Lompobatang (2.870 mpdl) Gowa.

5. Pulau Bali

– Luas wilayah Pulau Bali adalah 5.780,0g km persegi.
– Puncak tertinggi di Bali adalah Gunung Agung (3.148 mpdl)

Gunung gunung di Bali antara lain:

Gunung Agung (3.148 mpdl) , Gunung Batur (1.717 mpdl), Gunung Batukaru (2.276 mpdl) dan Gunung Merbuk (1.386 mpdl).

6. Pulau Nusa Tenggara

– Luas wilayah Nusa Tenggara adalah 72.877 km persegi.
–  Puncak tertinggi di Nusa Tenggara adalah Gunung Mutis (2.427 mpdl).

Gunung Gunung di Nusa Tenggara : 

Antara lain; Gunung Mutis (2.427 mpdl), gunung Poco Mandasawu (2.370 mpdl), Gunung Poco Likang (2.370 mpdl), Gunung Ebulobo (2.124 mpdl) dan Gunung Inierie (2.080 mpdl).


7. Kepulauan Maluku

– Luas wilayah Pulau Maluku adalah 74.505 km persegi.
– Puncak tertinggi di Maluku adalah Binaiya (3.027 mpdl)

Batas batas Pulau Maluku :
Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Seram, Sebalah Selatan berbatasan dengan Laut Arafuru, Sebelah Barat berbatasan dengan Pulau Sulawesi dan Sebelah Timur Pulau Papua.

– Jumlah provinsi di maluku ada 2 yaitu Maluku Utara dan Maluku

Gunung Gunung di Maluku anatara lain :

Gunung Binaiya (3.027 mpdl), Gunung Kapalamadan (2.729 mpdl), Gunung Sawuhai (1.006 mpdl), Gunung Batusibela (2.111 mpdl), Gunung Dukono (1.225 mpdl).

8. Pulau Papua

– Luas wilayah dari Pulau Papua adalah 786.000 km persegi.

Puncak tertinggi di Papua adalah Puncak Jaya 

Jumlah Provinsi ada 2 yaitu: Papua dan Papua Barat.

Batas batas wilayah dari pulau Papua : adalah Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Pasifik, Sebalah Selatan Laut Arafuru dan Samudra Hindia, Sebelah Timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Sebalah Barat berbatasan dengan Kepulauan Maluku.

Gunung Gunung di Papua antara lain:

Gunung Puncak Jaya (4.860 mpdl), Gunung Trikora (4.730 mpdl), Gunung Mandala (4.640 mpdl).

5. SBDP (Materi sbdp Kelas 5 Tema 1)

Gambar cerita adalah gambar yang mengandung sebuah cerita. Gambar Ilustrasi adalah yang berguna untuk memperjelas ide cerita. Jenis atau corak dari gambar cerita atau ilustrasi ada 4 macam yaitu:

a. Realis, merupakan gambar yang dibuat sesuai dengan keadaan benda aslinya.
b. Kartun, merupakan gambar yang berfungsi menghibur biasanya berisikan tentang humor dan kepahlawanan. Gambar karun sering disebut gambar animasi.
c. Karikartur, merupakan gambar yang mengubah bentuk dengan cara melebih lebihkan salah satu bagiannya. Biasanya untuk sebuah sindiran.
d. Dekoratif, merupakan gambar yang merubah bentuk bentuk yang ada tanpa meninggalkan ciri khasnya.

Langkah Langkah menggambar ilustrasi, antara lain:

1. Menentukan ide atau gagasan.
2. membuat sketsa
3. Pewarnaan bisa sesuai dengan aslinya atau imajinasi kita.

Demikian tentang Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Semoga bermanfaat,,


SOAL LATIHAN KELAS 5 TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA

1. SOAL PILIHAN GANDA

1. Bergerak adalah salah satu dari ….
a. Ciri makhluk hidup
b. Kelemahan makhluk hidup
c. Makanan makhluk hidup
d. Tugas makhluk hidup

2. Organ gerak pada hewan di antaranya berguna untuk ….
a. Tidur
b. Berjalan
c. Hibernasi
d. Melihat

3. Organ gerak pasif pada hewan adalah ….
a. Otot
b. Gigi
c. Tulang
d. Daging

4. Contoh hewan yang bergerak dengan cara melompat adalah ….
a. Katak dan kerbau
b. Burung dan bebek
c. Kelinci dan harimau
d. Kanguru dan katak

5. Berikut ini adalah hewan-hewan yang bergerak denganc cara terbang, kecuali ….
a. Elang
b. Ayam
c. Gelatik
d. Merpati

6. Otot sebagai organ gerak menempel pada ….
a. Gigi
b. Kulit
c. Darah
d. Tulang

7. Ide pokok paragraf adalah ….
a. Kalimat utama dalam suatu paragraf
b. Masalah utama dalam suatu paragraf
c. Masalah pertama dalam suatu paragraf
d. Kalimat pertama dalam suatu paragraf

8. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf dinamakan paragraf ….
a. Induktif
b. Deduktif
c. Naratif
d. Persuasif

Perhatikan paragraf di bawah ini untuk mengisi soal nomor 9 dan 10!

Ikan merupakan hewan bertulang belakang yang memiliki sistem gerak yang berbeda dengan hewan vertebrata lainnya. Paling banyak bentuk tubuh ikan seperti rudal. Bentuk rudal ini membuat ikan mudah bergerak di dalam air. Ikan dapat dengan mudah berenang kekanan dan kekiri ataupun ke atas dan kebawah berkat bentuk tubuhnya ini. Bentuk rudal ini dapat mengurangi hambatan yang tercipta di dalam air ketika ikan bergerak. Ikan bergerak menggunakan ekor dan sirip-siripnya. Ekor dan siripnya menimbulkan gaya dorong yang mendorong tubuh ikan untuk bergerak dalam air.

9. Ide pokok paragraf di atas adalah ….
a. Ikan merupakan hewan bertulang belakang di air
b. Ikan merupakan hewan yang suka bergerak di air
c. Tubuh ikan dapat dengan mudah berenang di air
d. Bentuk tubuh ikan yang hidup di dalam air

10. Apakah manfaat bentuk tubuh ikan yang berbentuk rudal?
a. Agar dapat mudah melompat di air
b. Mengurangi hambatan di air sehingga mudah bergerak
c. Untuk menakuti predator yang ada di dalam air
d. Untuk mampu mendorong tubuh ikan berenang

11. Gambar atau serangkaian gambar yang mengandung sebuah cerita dinamakan ….
a. Dongeng
b. Legenda
c. Gambar cerita
d. Iklan

12. Rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan dinamakan ….
a. Tema
b. Sketsa
c. Diagram
d. Warna

13. Nilai-nilai dalam pancasila perlu kita kembangkan dalam kehidupan bersosial di masyarakat agar tercipta suasana ….
a. Damai dan kaya
b. Aman dan tenang
c. Miskin dan kaya
d. Nyaman dan seram

14. Saling menghormati antar pemeluk agama lain adalah salah satu nilai-nilai yang tertuang dalam pancasila sila ke ….
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat

15. Nilai kemanusian yang adil dan beradab pada sila kedua pancasila dapat kita terapkan di masyarakat dengan cara ….
a. Bergotong royong membangun masjid
b. Beribadah sesuai agama masing-masing
c. Suka bermusyawarah dengan warga
d. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan

16. Ketika bermusyawah di masyarakat maka setiap warga yang menjadi peserta mempunyai kedudukan yang ….
a. Dibedakan
b. Sama
c. Bertingkat-tingkat
d. Adil

17. Sila keempat pancasila dilambangkan dengan gambar ….
a. Padi dan kapas
b. Banteng
c. Bintang
d. Pohon beringin

18. Sila ketiga pancasila adalah ….
a. Kemanusiaan yang adil dan beradab
b. Ketuhanan yang Maha Esa
c. Kerakyatan yang dimpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
d. Persatuan Indonesia

19. Letak astronomis Indonesia berada pada ….
a. 6° LU sampai 11° LS dan 95° BT sampai 141° BT
b. 11° LU sampai 6° LS dan 145° BT sampai 191° BT
c. 95° LU sampai 141° LS dan 6° BT sampai 11° BT
d. 6° LU sampai 11° LS dan 41° BT sampai 45° BT

20. Indonesia terletak di antara samudra ….. dan ….
a. Atlantik dan Artik
b. Pasifik dan Atlantik
c. Hindia dan Atlantik
d. Pasifik dan Hindia

21. Gunung Kerinci dan Gunung Sinabung terdapat di pulau ….
a. Jawa
b. Kalimantan
c. Irian
d. Sumatra

22. Pulau kalimantan berbatasan langsung dengan negara ….
a. Brunei Darussalam
b. Thailand
c. Malaysia
d. Timur-timur

23. Kupu-kupu merupakan hewan yang mampu bergerak hingga ribuan kilometer. Kupu-kupu termasuk hewan ….
a. Mamalia
b. Serangga
c. Reptilia
d. Vertebrata

24. Siput, serangga dan cacing termasuk hewan ….
a. Vertebrata
b. Mamalia
c. Avertebrata
d.  Reptilia

25. Siput adalah hewan tak bertulang belakang yang ….
a. Mempunyai rangka luar
b. Tidak memiliki rangka
c. Mempunyai rangka tengkorak
d. Mempunyai organ gerak berupa sirip


2. SOAL ISIAN

1. Organ gerak aktif pada hewan adalah ….

2. Organ gerak ikan yang digunakan untuk berenang adalah ….

3. Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf dinamakan paragraf ….

4. Dasar negara Indonesia adalah ….

5. Menjaga persatuan Indonesia merupakan nilai yang terkandung dalam pancasila sila ke-….

6. Sila pertama pancasila dilambangkan dengan gambar ….

7. Indonesia terletak di antara benua …. dan ….

8. Pulau terbesar yang berada di Indonesia adalah pulau ….

9. Pantai Sanur dan pantai Kuta terdapat di pulau ….

10. Hewan yang tidak bertulang belakang dinamakan ….


3. SOAL ESSAY

1. Sebutkan fungsi dari organ gerak pada hewan!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………

2. Sebutkan organ gerak dari hewan-hewan berikut ini beserta fungsinya!
a. Ikan
b. Burung
c. Katak
d. Ular
e. Kerbau

Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………

3. Sebutkan pulau-pulau besar yang ada di negara Indonesia!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………


4. Bagaimana cara menentukan ide pokok paragraf?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………

5. Berilah contoh penerapan nilai dari pancasila sila ketiga di lingkungan sekolah!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia"